Rabu, 06 Oktober 2010

Tugas Bahas Indonesia I

Fungsi Fungsi Bahasa:

- Expresi Diri: yang dimaksud bahasa sebagai ekspresi diri itu,bahasa digunakan sebagai penunjuk rasa,seperti suka,cita,duka,atau perasaan lainnya.

- Komunikasi: fungsi ini dimaksudkan untuk bagaimana cara kita berbicara atau berkomunikasi dengan sesama manusia baik satu suku atau pun lain suku.

- Adaptasi&Intergrasi: bahasa digunakan sebagai cara untuk bermasyarakat dengan tempat atau lokasi baru,yang difungsikan sebagai cara untuk mempersatukan bangsa juga.

- Kontrol Sosial: fungsi ini sebagai cara cara dimana kita mengatur tata cara berbicara yang baik dan benar.agar kita bisa melakukan interaksi dengan orang tidak salah dan tidak membuat orang sakit hati.

Kedudukan Bahasa:

-Sebagai Bahasa Nasional:

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa yang budaya dan bahasanya berbeda. Agar kepercayaan diri yang kuat dapat dibangun, identitas diperlukan oleh sebuah Negara. Identitas sebuah bangsa bisa diwujudkan di antaranya melalui bahasanya. Dengan adanya sebuah bahasa yang mengatasi berbagai bahasa yang berbeda, suku-suku bangsa yang berbeda dapat mengidentikkan diri sebagai suku bangsa melalui bahasa tersebut.

-Sebagai Bahasa Negara:

Berfungsi sebagai bahasa penghubung tingkat nasional. Untuk kepentingan pembangunan dan pemerintahan di tingkat nasional diperlukan sebuah bahasa sebagai alat perhubungan sehingga komunikasi tidak terhambat. bahasa pengantar resmi dalam dunia pendidikan
Pemakaian bahasa Indonesia dalam dunia pendidikan bukan hanya terbatas pada bahasa pengantar, bahan-bahan ajar juga memakai bahasa Indonesia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar