Senin, 12 April 2010

UBIQUITOS COMPUTING

Mana-mana komputasi (ubicomp) adalah model desktop-pos interaksi manusia-komputer yang memproses informasi telah sepenuhnya terintegrasi menjadi obyek sehari-hari dan aktivitas. Dalam program kegiatan biasa, seseorang "menggunakan" di mana-mana perangkat komputasi bergerak banyak komputasi dan sistem secara bersamaan, dan belum tentu bahkan tidak sadar bahwa mereka melakukannya. Model ini biasanya dianggap sebagai kemajuan dari paradigma desktop .

Paradigma ini juga digambarkan sebagai komputasi luas, kecerdasan ambient . Ketika terutama tentang obyek yang terlibat, juga komputasi fisik, Internet Things , komputasi haptic, dan hal-hal yang berpikir. Daripada mengajukan definisi yang tunggal untuk komputasi di mana-mana dan untuk istilah-istilah yang terkait, sebuah taksonomi properti untuk komputasi di mana-mana telah diusulkan, dari jenis-jenis rasa yang berbeda atau sistem di mana-mana dan aplikasi dapat dijelaskan.


KONSEP CORE


Pada intinya, semua model komputasi di mana-mana (juga disebut meresap komputasi) berbagi visi kecil, murah, perangkat pengolahan jaringan yang kuat, didistribusikan di semua skala di kehidupan sehari-hari dan umumnya berbalik jelas ujung-tempat umum. Sebagai contoh, sebuah lingkungan komputasi domestik di mana-mana mungkin interkoneksi pencahayaan dan kontrol lingkungan dengan monitor biometrik pribadi ditenun menjadi pakaian sehingga kondisi pencahayaan dan pemanas di kamar mungkin termodulasi, terus menerus dan tak kentara.Skenario lain berpendapat kulkas "sadar" isinya sesuai-tagged umum, bisa baik rencana berbagai menu dari makanan yang benar-benar di tangan, dan memperingatkan pengguna makanan basi atau rusak.

Mana-mana komputasi tantangan di ilmu komputer: dalam desain sistem dan rekayasa, dalam sistem pemodelan, dan desain antarmuka pengguna. Kontemporer model komputer interaksi manusia, apakah command-line , menu-driven, atau GUI berbasis, tidak sesuai dan tidak memadai untuk kasus di mana-mana. Hal ini menunjukkan bahwa "alam" paradigma interaksi yang tepat untuk sebuah komputasi yang kuat di mana-mana penuh belum muncul - walaupun ada juga pengakuan di lapangan bahwa dalam banyak hal kita sudah hidup di dunia yang ubicomp. Kontemporer perangkat yang mendukung beberapa ide terakhir ini termasuk ponsel , pemutar audio digital , identifikasi frekuensi radio tag, GPS , dan papan tulis interaktif .

Mark Weiser mengusulkan tiga bentuk dasar untuk perangkat sistem di mana-mana, lihat juga perangkat Smart : tab, kertas dan papan.

  • Tab: dpt dipakai perangkat berukuran sentimeter
  • Pads:-ukuran perangkat-diadakan desimeter tangan
  • Dewan: meter ukuran layar perangkat interaktif.

SEJARAH


Mark Weiser menciptakan istilah "komputasi di mana-mana" sekitar 1988, selama masa jabatannya sebagai Kepala teknolog dari Xerox Palo Alto Research Center (PARC) . Kedua sendirian dan dengan PARC Direktur dan Chief Scientist John Seely Brown , Weiser menulis beberapa makalah awal pada subjek, terutama mendefinisikan dan membuat sketsa keprihatinan utama.

Menyadari bahwa kekuatan pemrosesan perpanjangan ke skenario sehari-hari akan memerlukan pemahaman tentang, budaya dan psikologis fenomena sosial di luar ambit tepat, Weiser dipengaruhi oleh berbagai bidang ilmu komputer di luar, termasuk " filsafat , fenomenologi , antropologi , psikologi , pasca-Modernisme , sosiologi ilmu pengetahuan dan kritik feminis . "Dia eksplisit tentang "asal-usul humanistik dari 'ideal tak terlihat dalam pemikiran post-modernis'",referensi serta yang ironis distopia Philip K. Dick novel Ubik .

MIT juga memberikan kontribusi penelitian yang signifikan di bidang ini, terutama Ishii's Things Hiroshi Itu Pikirkan konsorsium di Media Lab dan upaya CSAIL dikenal sebagai Proyek Oksigen. kontributor utama lainnya termasuk Georgia Tech 's College of Computing , NYU ' s Program Telekomunikasi Interaktif , UC Irvine 's Departemen Informatika, Riset Microsoft ,Intel Penelitian dan Equator, Universitas UCRi Ajou & cus .



SUMBER :


http://en.wikipedia.org/wiki/Ubiquitous_computing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar